Apakah Anda ingin menjadi YouTuber yang sukses? Maka Anda adalah salah satu orang yang ingin mendapatkan pekerjaan impian dan kekiniaan saat ini. Sebagai YouTuber, Anda bisa menggunakan kreativitas Anda untuk membuat video dan, idealnya, menjadi terkenal di internet selain juga mendapatkan bayaran.
Menjadi YouTuber yang sukses berarti Anda dapat bekerja untuk diri sendiri, membuat jam kerja Anda sendiri, dan membuat konten yang ingin Anda tonton. Ini adalah kelebihan dari berkarir yang membebaskan dan menguntungkan di YouTube. Tapi itu tidak sesederhana kedengarannya karena menjadi YouTuber yang sukses membutuhkan banyak usaha.
YouTube adalah pasar yang cepat berubah dalam sekejap sehingga pembuat konten harus dapat memanfaatkan momen yang tepat sesuai timing. Disamping itu, kualitas konten sangat memegang peranan krusial sehingga Anda perlu tahu cara membuat dan mengedit video yang benar-benar akan ditonton orang. Simak beberapa cara untuk menjadi YouTuber yang sukses berikut ini.
Cara Menjadi YouTuber Sukses untuk Pemula
Keberhasilan para YouTuber telah membawa pengaruh kepada pemirsa YouTube masa ini. YouTube sendiri telah membuat pemasar mengubah cara mereka dapat menjangkau pemirsa mereka secara potensial, sehingga akan sangat relevan bagi setiap orang untuk memiliki channel mereka sendiri. Platform video telah masuk ke dalam pemasaran banyak bisnis atau siapa pun yang benar-benar ingin berbagi suara dan pengalaman mereka dengan dunia.
Berikut adalah langkah- langkah yang perlu Anda ambil untuk menjadi YouTuber yang sukses :
Rencanakan konten dengan seksama
Sebelumnya apakah Anda mungkin sudah memutuskan jenis konten video yang ingin Anda tampilkan? Cara terbaik untuk meningkatkan view konten Anda dan mendapatkan pengikut tetap adalah dengan menjaga konten Anda tetap menarik dan menarik. Semakin banyak orang yang merasa tertarik, semakin mereka ingin mengkliknya dan menonton sampai akhir. Ini juga membantu untuk tetap berpegang pada tema atau niche Anda, jika Anda memiliki niche khas Anda. Misalnya, banyak YouTuber sukses memiliki saluran khusus untuk perjalanan, tutorial, atau kehidupan sehari-hari mereka. Mengingat pemirsa yang merasa relevan dengan melalui orang-orang yang mereka tonton, jadi beri tahu penonton Anda apa yang dapat mereka harapkan dan berikan materi menarik yang dapat mereka nikmati dari konten- konten video Anda.
Menggunakan peralatan dan alat perekam yang baik
Membuat video menggunakan smartphone Anda adalah salah satu media yang bisa merekam video. Tetapi jika jika Anda ingin pemirsa menikmati konten Anda, berinvestasi dalam peralatan kamera yang tepat akan sangat membantu. Sebagian besar YouTuber menggunakan DSLR atau kamera mirrorless, bersama dengan aksesori penting lainnya untuk videografi seperti tripod, lensa, dan pencahayaan studio. Bagi mereka yang biasanya melakukan vlog saat bepergian, kamera mirrorless atau GoPro dan penstabil gimbal monopod yang bagus adalah perlengkapan dasar yang bisa dipertimbangkan.
Bagaimanapun, bahwa kamera vlogging yang bagus bukanlah segalanya, jika Anda mengabaikan hal-hal lain seperti kualitas audio dan pencahayaan, pemirsa Anda mungkin kehilangan minat pada video Anda setelah beberapa detik pertama dan tidak akan berlangganan sama sekali. Investasi pada mikrofon bagus yang dapat dipasang di kamera Anda, serta perhatikan kondisi rekaman Anda dan biasakan untuk memeriksa apakah audio Anda cukup jelas untuk dipahami pemirsa.Riset kata kunci/keyword
Dengan prinsipal yang sama dalam riset kata kunci untuk situs web, maka Anda juga harus mencari kata kunci untuk YouTube. Ini adalah upaya penting agar konten Anda dapat ditemukan di mesin telusur. Disini Anda bisa menggunakan YouTube Keyword Tool untuk menemukan pencarian populer dalam niche Anda. Mengoptimalkan konten media digital Anda untuk pencarian sama pentingnya dengan konten tertulis Anda di blog atau situs web. Anda harus melakukannya dengan strategis, melakukan riset dan tahu siapa yang ingin Anda targetkan. Google memasukkan video YouTube dalam hasil pencarian mereka, jadi referensi silang penelitian kata kunci Google Anda dengan penelitian yang Anda lakukan untuk YouTube, dapat menjadi langkah penting untuk diambil dalam proses perencanaan.
Buat konten video yang berkualitas
Sebuah konten yang viral selain juga harus dipikirkan dengan matang dan menarik bisa saja terjadi karena kebetulan. Tapi apapun yang terjadi dengan konten Anda nanti, Anda harus tetap membuat konten yang terbaik. Konten sebaiknya harus dapat dibagikan terjadi secara alami, tidak disengaja. Berpegang teguh pada image/brand Anda, mendesain konten digital yang memiliki tujuan untuk audiens spesifik Anda akan informatif dan menarik. Mungkin konten ini tidak akan menjangkau jutaan pemirsa, tetapi akan menjangkau pemirsa yang tepat dan relevan.
Buat judul dan pembukaan yang singkat
Mengingat rentang perhatian yang pendek untuk tetap mendapatkan perhatian penonton, maka judul atau urutan kredit yang panjang di awal video dapat menyebabkan orang kehilangan minat. Selain itu, pembukaan video yang panjang membuat orang tidak sabar dan tidak ingin menonton urutan panjang yang sama berulang kali. Sebaliknya, buatlah judul pembuka dan kredit Anda pendek dan menarik, maka buat seluruh pembuka tidak lebih dari 5 detik saja.
Gunakan thumbnail yang menarik
Thumbnail adalah faktor penting yang dapat membuat Anda sukses atau malah hancur karena ini akan berhubungan dengan video yang disarankan. Video yang disarankan adalah sumber utama lalu lintas organik di YouTube. Saat seseorang menonton video di YouTube, gambar thumbnail video Anda harus terlihat menonjol saat itu adalah video yang disarankan akan berada di sidebar kanan. Saat video Anda muncul sebagai video yang disarankan, YouTube pada dasarnya mendukungnya dengan mengatakan bahwa seseorang yang menonton video lain mungkin juga menikmati video Anda.
Selain itu, jika video Anda menarik klik sebagai video yang disarankan, kemampuan dikliknya kemungkinan besar terdaftar dengan algoritma YouTube. Ingatlah bahwa l YouTube ingin pemirsa mengklik video lain juga, jadi, mereka akan merekomendasikan video yang paling mungkin mendapatkan klik tersebut.Sisipkan link di video Anda
Gunakan anotasi untuk menyisipkan tautan ke video lain untuk memaksimalkan setiap pemirsa. Link ini sendiri dapat muncul di sepanjang video dan mengarahkan penonton ke video lain, atau bahkan situs web dan blog Anda. Namun, jangan lakukan ini secara berlebihan dan pastikan anotasi tidak menghalangi pengalaman menonton. Jika Anda memiliki satu video yang ingin Anda konsentrasikan untuk mendorong penayangan, gunakan InVideo Programming YouTube untuk menambahkan hamparan video unggulan. Pastikan juga untuk menyertakan watermark pencitraan merek sehingga orang dapat dengan mudah menavigasi ke halaman YouTube Anda. Ada banyak potensi yang hanya ada dalam satu video dalam hal opsi navigasi tambahan. Lakukan analisis mana yang paling masuk akal untuk bisnis Anda dan memanfaatkannya dengan baik.
Bangun network
YouTube adalah tentang menghubungkan, berbagi, dan berkolaborasi dengan pengguna lain meski tidak betul- betul selalu dikategorikan sebagai situs jejaring sosial. Jadi salah satu cara untuk menjadi sukses, Anda perlu berusaha membangun jaringan Anda. Hal ini sangat penting dalam komunitas YouTube, karena kolaborasi di antara pembuat konten terbukti efektif dalam membantu saluran tumbuh dan mendapatkan pelanggan baru karena membantu kedua kolaborator mendapatkan keterpaparan dengan basis pelanggan lainnya.
Berinteraksilah dengan pembuat konten lain, berteman, dan jangan takut untuk menghubungi YouTuber yang lebih besar untuk menanyakan tentang kemungkinan kolaborasi. Bangun network pertemanan Anda yang bisa saja membawa banyak peluang yang lebih besar lagi.Pererat hubungan dengan audiens Anda
Seiring waktu, Anda perlahan-lahan akan mendapatkan pengikut dan mendapatkan lebih banyak komentar dari penggemar di video Anda. Kemudian Anda juga bisa saja mendapatkan pesan di akun media sosial pribadi hingga surat penggemar. Untuk dapat mencapai hubungan yang baik dan harmonis dengan audiens Anda, maka sebisa mungkin luangkan waktu untuk terhubung dengan mereka.
Media sosial Anda juga merupakan perpanjangan dari saluran YouTube Anda, jadi cobalah untuk membagikan informasi hidup Anda di platform sosial populer seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Penting juga bagi Anda untuk mencoba membaca dan menanggapi semua tweet, komentar, dan pesan lain yang Anda terima. Interaksi semacam itu penting karena membantu audiens Anda mengenal tentang diri Anda, disamping dapat membantu Anda menumbuhkan rasa kebersamaan dan persahabatan online di antara komunitas kecil Anda sendiri.Tidak cukup hanya menyukai konten Anda, subscriber Anda juga harus menyukai Anda dan pengalaman mereka secara keseluruhan dengan channel Anda. Berinteraksi dengan pemirsa Anda juga dapat membantu Anda mendapatkan inspirasi dan juga membuat Anda tetap terinspirasi untuk terus maju meskipun ada kesulitan dalam mengembangkan dan mempertahankan saluran Anda.
No comments:
Post a Comment